PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP

Anggun Intan Permatasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV di SD Negeri Purwomartani. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment menggunakan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan variabel bebas yaitu metode mind mapping. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 54 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan t-test untuk melihat perbedaan pemahaman konsep kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV di SD Negeri Purwomartani. Pengaruh tersebut dibuktikan dengan hasil t-test pada posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu sig 0,014 < 0,05 dan thitung 2,548 > ttabel 2,006.

Kata kunci: metode mind mapping, pemahaman konsep

 

Abstract

This research aims to find out the effect of the mind mapping method toward concept understanding of student grade fourth in SD Negeri Purwomartani. This was a quasi-experimental research and nonequivalent control group design. The dependent variable was concept understanding and independent variable was mind mapping method. The subject research were students class IV A and IV B of 54. The instrument for research was test. The data analysis technique was using hypothesis with t-test to see the differentces concept understanding between experiment and control group with significant level 5%. The result of research shows the influence of mind mapping method to concept understanding students grade fourth in SD Negeri Purwomartani. The effect is evidence by the result of t-test on posttest experiment group and control group is sig 0,014 < 0,05 and tcount 2,548 > ttable 2,006.

Keywords: mind mapping method, concept understanding


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.