INTERAKSI SOSIAL SISWA SLOW LEARNER

Roh Dinia Wati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk interaksi sosial siswa slow learner di kelas III SD Muhammadiyah 2 Magelang. Bentuk-bentuk interaksi sosial meliputi bentuk kerjasama, akomodasi, persaingan, kontravensi, dan menghadapi pertentangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek seorang siswa slow learner di kelas III SD Muhammadiyah 2 Magelang. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas III, guru olahraga, dan empat teman siswa slow learner. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa slow learner memiliki interaksi sosial yang baik seperti mudah bergaul dengan siapapun. Hal tersebut dilihat dari bentuk-bentuk interaksi sosial meliputi bentuk kerjasama, bentuk akomodasi, bentuk persaingan, bentuk kontravensi, dan menghadapi pertentangan.

Kata kunci: interaksi sosial, siswa slow learner

 

Abstrack

This reseacrh aims to determine the forms of social interaction slow learner students in class III SD Muhammadiyah 2 Magelang. The forms of social interaction include cooperation, accommodation, competition, contravention, and face opposition. The type of this research was qualitative descriptive with case research’s approach. The subject of this research was a slow learner students in the class III SD Muhammadiyah 2 Magelang with informant were third grade teacher, gym teacher, and four friends slow learner student. Data collection techniques in this research used observation, interview, and documentation. Validity test of the data in this research used technique and source triangulation. Data were analyzed by data reduction, data display, and conclusion drawing. The results show that slow learner students have good social interactions such as easy to get along with anyone. It can be seen from the form of cooperation, accommodation, competition, contravention and face of opposition.

Keywords: social interaction, slow learner student

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.