PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA

Novika Cormilia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa pada siswa kelas VI A SD Negeri Percobaan 4 Wates dengan menggunakan cooperative learning tipe make a match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik  analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV A SD Negeri Percobaan 4 Wates. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata nilai siswa yaitu 18,48 pada pratindakan, menjadi 57,69 pada siklus I, dan meningkat kembali menjadi 83,5 pada siklus II. Persentase siswa yang memperoleh nilai membaca aksara Jawa memenuhi KKM juga mengalami peningkatan dari 3,85% pada pratindakan, menjadi 50% pada siklus I, dan meningkat kembali menjadi 96,15% pada siklus II.

Kata kunci: Cooperative Learning, Membaca, Aksara Jawa.

 

Abstract

The purpose of this research is to improve Javanese letters reading skills of fourth grade students in SD Negeri Percobaan 4 Wates by using make a match type of cooperative learning model. The kind of the research was collaborative classroom action research. The techniques of collecting data used test, observation, and documentation. The result of the research shows that the using make a match type of cooperative learning model can improve Javanese letters reading skills of fourth grade students in SD Negeri Percobaan 4 Wates that is an increase average from 18,48 in pre-action, 57,69 in cycle I and 83,5 in cycle II. The percentage of students who reached the KKM (The Minimum Grade Criterion) has increased from 3,85% in pre-action, to 50% in cycle I, and became 85,71% in cycle II.

Keywords: Cooperative Learning, Reading, Javanese Letters

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.