PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MELALUI MEDIA KERTU GLADHEN AKSARA JAWA SISWA KELAS IV

Juwaryanti Juwaryanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa melalui media kertu gladhen aksara Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri Muntung Temanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menciptakan kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media kertu gladhen aksara Jawa pada pembelajaran bahasa Jawa dapat meningkatan keterampilan membaca aksara Jawa di kelas IV SD Negeri Muntung Temanggung yaitu adanya peningkatan nilai rata-rata dari 45,47 pada pra tindakan menjadi 74,16 pada siklus I dan 90,44 pada siklus II. Presentase siswa yang lulus KKM juga mengalami peningkatan yaitu dari 23,8% pada pra tindakan menjadi 57,14% pada siklus I, dan 85,71% pada siklus II. 

Kata kunci: aksara Jawa, media kertu gladhen, kelas IV SD


Abstract

The purpose of the research is to increase the ability of reading Javanese alphabets through media named Kertu Gladhen towards fourth grade students of Muntung Elementary School district Temanggung. The kind of the research was collaborative classroom action research which took collaboration between the researcher herself and the fourth grade teacher. The techniques of collecting data used test,observation, and documentation. The result of the research shows that the using of media kertu gladhen on Java language learning can improve capability of reading Javanese alphabets of fourth grade students in Muntung Elementary School disctrict Temanggung that is an increase average from 45,47 in pre-action to 74,16 in cycle I and 90,44 in cycle II. The percentage of students who reached the KKM (The Minimum Grade Criterion) has increased from 23,8% in pre-test to 57,14% in cycle I, and became 85,71% in cycle II. 

Keywords: Javanese alphabets, media Kertu Gladhen, fourth grade students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.