PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL KANCING GEMERINCING

Siti Nurjanah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IIIA SD Negeri 4 Wates melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas IIIA SD Negeri 4 Wates.Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIA SD Negeri 4 Wates yang berjumlah 30 siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.Peningkatan tersebut diikuti dengan peningkatan keterampilan berbicara siswa pada setiap aspeknya. Aspek-aspek tersebut antara lain kejelasan lafal, intonasi, pemilihan kata, kosakaa, kelancaran, sikap, dan keberanian. Secara kuantitatif peningkatan keterampilan berbicara siswa pada siklus I sebesar 11,57 dari kondisi awal 59,93 menjadi 71,5. Sedangkan peningkatan pada siklus II sebesar 4,9, yang kondisi awal 71,5 menjadi 76,4.

Kata kunci: model kooperatif, kancing gemerincing, keterampilan berbicara

 

Abstract

This research aims to improve students' speaking skillsthrough implementation of cooperative learning model talking chipstype on grade IIIA SDN 4 Wates. This was a classroom action research using the Kemmis and Mc Taggart model. The research subject were 30 students of class IIIA Wates 4 State Elementary School. The object of this research was students speaking skills. The research data were taken by observation, test and documentation. Data were analyzed using descriptive statistics and qualitative statistics.The results show that the cooperative learning model talking chip type can improve students speaking skills in class IIIA Wates 4 State Elementary School. The improvement of speaking skills include improving on those aspects that affect the speaking skills, like clarity of pronunciation, intonation, the selection of vocabulary, vocabulary, smoothness, attitude, and the courage. Theaverage increaseof students' speaking skills in the first cycle are 11.57 from 59.93 in the initial condition becomes 71.5. While the increase in the second cycle are 4.9in the initial conditions 71.5 becomes 76.4.

Keywords: cooperative model, talking chip, speaking skills

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.