IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SDN 1 SEKARSULI

Imron Wahyono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 1 Sekarsuli. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pembelajaran sudah cukup baik. Guru mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dengan memasukkannya dalam metode mengajar, sikap terhadap siswa, dan kegiatan rutin sekolah. Guru selalu mengingatkan siswa yang melanggar nilai-nilai Pancasila. Faktor pendukung dari implementasi nilai-nilai Pancasila yaitu adanya kesadaran, dan dukungan dari kepala sekolah, guru, dinas pendidikan, serta lingkungan sekolah yang mendukung. Hambatan yang dihadapi sekolah yaitu adanya beberapa anak yang sulit dinasehati dan
kebiasaan anak diluar sekolah yang kurang baik. Sekolah mengatasi hambatan tersebut dengan terus melakukan pembiasaan, bimbingan, dan pembinaan kepada anak.

Kata kunci: implementasi nilai pancasila


Abstract

This study aims is to describe the implementation of pancasila’s values in learning activities in SDN 1 Sekarsuli. The kind of research was descriptive qualitative research. The subjects of study were headmaster,
teachers and students. Data were obtained through interviews, observation, and documentation. The data were analyzed by reduction data, display data, and withdrawal of conclusion. The technique of checking data validity were triangulation. The research result shows that the implementation of pancasila’s values in learning activities has been good enough.Teachers implemented pancasila’s values by putting it in a method of teaching, an attitude toward students, and activities routine school. Teachers reminds students who breaking pancasila’s values.The
supporting factors in implementation of pancasila’s values are awareness, and support from the principal, teachers, and the school enviroment. Barriers schools face is that some children are difficult advised and habits of children out of school is not good. Schools overcome these obstacles by continuing to habituation, guidance and coaching to children

Keywords: implementation of pancasila’s values


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.