PENGGUNAAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA

Dyah Ayu Intan Ratnasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) pada siswa kelas III SD N Kepek Pengasih, Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas III SD N Kepek. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data hasil penelitian diperoleh dari data observasi dan skala kerja sama. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Keberhasilan penelitian adalah 75 % siswa berada dalam kategori baik atau skor keseluruhan mencapai ≥ 7,0 (setelah dikonversi ke standar 10). Pada pra tindakan 28% (7 siswa) kerja samanya berkategori baik.Pada siklus I, kerja sama siswa yang berkategori baik meningkat menjadi 52 % (13 siswa). Pada siklus II, kerja sama siswa yang berkategori baik meningkat menjadi 84% (21 siswa) yang artinya kerja sama siswa telah mencapai kriteria keberhasilan penelitian.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle (IOC), Kerja Sama Siswa.

 

Abstract

This research is aimed to improve students cooperation through the use of Inside- Outside Circle (IOC) type of cooperative model at the third grade students of SD N Kepek, Pengasih, Kulon Progo 2016/2017 Academic Year. The type was classroom action research using Kemmis and Mc. Taggart model. The subjects were 25 third grade students. This research did by two kinds of cycles. The data was obtained from observation and students cooperation rate/scale. The data was analyzed using quantitative descriptif. The goal criteria is 75% student’s percentage whose in the good category or overall score reach > 7,0 (after converted in the scale of 10).On pre action 28% (7 students) is in a good category. In first cycle, increase to 52% (13 students). In second cycle, increase to 84% (21 students), and it means students cooperation have reached the research’s goal criteria.

Keywords:Inside-Outside Circle (IOC) type of cooperative model, students cooperation.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.