MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RODA PUZZLE

Aju Parman

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pembelajaran perbandingan dan skala dengan menggunakan media roda puzzle untuk belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas V SD N Suryodiingratan II. Tempat penelitian dilaksanakan di kelas V SD N Suryodiningratan II pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitiann ini adalah menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media roda puzzle pada pembelajaran matematika materi perbandingan dan skala dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat perubahan dari pra tindakan, siklus I dan siklus II. Pada pra tindakan diperoleh nilai rata-rata 60,78% dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 25 dan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 6 siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,31dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 70. Jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 12 siswa. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata yaitu 81,31dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 70.

Kata kunci: Perbandingan dan Skala, Media Roda Puzzle

 

Abstract

This study aims to improve learning outcomes mathematics in proportion and scale learning by using wheel puzzle media for learning This was a classroom action research (CAR) study. The research subjects were Grade V student of SDN Suryodiningratan II. The research setting was Grade V of SDN Suryodiningratan II in semester II of the 2016/2017 academic year. The data were collected sheets and test. The data analysis techniques in the study were quantitative and qualitative descriptive thechniques. The results of this study showed that the use of wheel puzzle media in mathematics learning in the topic of proportion and scale was capable of improving the learning outcomes of Grade V of the elementary school. This is indicate by the changes from the pre-cycle to Cycle I and Cycle II In the pre-cycle, the mean score was 60.78% with a maximum score of 85 and a minimum score of 25;6 student. In Cycle II, there is an improvement with a mean score of 81.31, a maximum score of 95, and minimum score of 70.

Keywords :Porportion and Scale, Wheel Puzzle Media


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.