PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT

Nia Widyawati Fitri Puspitarini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS menggunakan pembelajaran aktif card sort pada siswa kelas V SD Negeri Krawitan Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Krawitan yang berjumlah 17 siswa. Desain PTK menggunakan Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran aktif card sort dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V. Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan dengan persentase ketuntasan pada pra tindakan 5.88 %, pada siklus I 52,94 %, dan pada siklus II 88,24%.

Kata kunci: prestasi belajar, card sort, IPS

 

Abstract

This research aims at improving learning achievement on sosial studies using active learning type card sort on the fifth grade students of SD Negeri Krawitan, Kabupaten Sleman. This type of research was Classroom Action Research (CAR). The research subject were 17 fifth grade students of SD Negeri Krawitan. The CAR design used for this research were Kemmis and Taggart that included planning, acting and observing, and reflecting. The technique of collecting data was test. The results shows that active learning type card sort can improve learning achivement. Improvement of learning achivement were indicated by the mastery learning percentage in pre-action amounted to 5.88 %, 52,94 % in the first cycle, and 88,24% in the second cycle.

Keywords: learning achievement, card sort, social studies

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.