TANGGAPAN SISWA KELAS ATAS TERHADAP PEMBELAJARAN MATERI PERMAINAN PATOK LELE DI SD NEGERI 5 WATES KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO

Aldiano Agil Saputro

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sebagian siswa yang kurang dalam memahami
manfaat permainan Patok Lele. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa kelas atas
terhadap pembelajaran materi permainan Patok Lele di SD Negeri 5 Wates, Kecamatan Wates, Kulon
Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket. Instrumen tersebut
dikonsultasikan kepada Nur Sita Utami, M. Or. dan Dra. Sri Mawarti, M.Pd Selanjutnya diuji
validitas dan reliabilitas instrumen di SD Terbahsari kelas IV dan V. Secara keseluruhan 41 siswa
dengan validitas (0,308) dan realibilitas (0,860). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas atas (IV, V, dan VI) di SD Negeri 5 Wates dengan jumlah 90 siswa. Teknik analisis data yang
dilakukan adalah analisis deskriptif dengan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
tanggapan siswa kelas atas terhadap pembelajaran materi permainan patok lele di SD Negeri 5 Wates
secara keseluruhan menunjukkan rata-rata Tinggi. Secara rinci menunjukkan sebanyak 16,66% (15
siswa) sangat tinggi, 34,45% (31 siswa) memiliki tanggapan tinggi, 22,22% (20 siswa) memiliki
tanggapan sedang, 21,12% (19 siswa) memiliki tanggapan rendah, dan 5,55% (5 siswa) memiliki
tanggapan sangat rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tanggapan siswa kelas atas terhadap
permainan Patok Lele di SD Negeri 5 Wates masuk dalam kategori tinggi.  
Kata kunci : tanggapan, permainan Patok Lele.
Abstract
This research is based on the fact that some students lack in understanding the benefits of
Patok Lele game. The research intends to find out the response of upper class students on the learning
of Patok Lele game material in SD Negeri 5 (State Elementary School) Wates ,Wates District, Kulon
Progo.The research was descriptive quantitative research. The method used in this research was by
survey method. The instrument used was by questionnaire. The instrument was consulted to Nur Sita
Utami, M. Or. and Dra. Sri Mawarti, M.Pd  and then further tested for the validity and the reliability
of the instrument in Grade IV and V SD Terbahsari. Overall, 41 students were with validity (0.308)
and reliability (0.860). The population in this research were all upper class students (grade IV, V, and
VI) in SD Negeri 5 Wates of 90 students. The data analysis technique was performed by descriptive
analysis with percentage.The research results show that the response of upper class students to Patok
Lele game material learning in SD Negeri 5 Wates as a whole indicates High average. In details, it
shows 16.66% (15 students) is very high, 34.45% (31 students) has high response, 22.22% (20
students) has medium responses, 21.12% (19 students) has low response, and 5.55% (5 students) has
very low response. So it can be concluded that the response of upper class students on the learning of
Patok Lele game material in SD Negeri 5 (State Elementary School) Wates ,Wates District is in high
category.
Keywords: response, Patok Lele game.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.