FAKTOR – FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR TAHUN 2016 PADA SD NEGERI SE-KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH

Arif - Priyantoro

Abstract



ABSTRAK
 
         Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya pembelajaran pendidikan
jasmani di tingkat sekolah dasar dari beberapa faktor pendukung yang terkait dengan
pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa
saja yang mendukung pembelajaran pendidikan jasmani dan seberapa besar presentase dari
masing-masing faktor tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang
digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani di sekolah dasar negeri di Kabupaten
Purworejo yang berjumlah 64 guru pendidikan jasmani. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor pendukung pembelajaran Pendidikan
Jasmani di Sekolah Dasar Tahun 2016 pada SD Negeri Se-Kabupaten Purworejo, Provinsi
Jawa Tengah berada pada kategori sangat rendah sebesar 0%, rendah 0%, sedang 3,125%,
tinggi 37,5%, dan sangat tinggi  59,375%.  

Kata Kunci: Pembelajaran penjas,sekolah dasar dan guru pendidikan jasmani.
ABSTRACT
The background of the research caused by the physical Education learning in
elementary school level from the related supporting factors that it is not optimum yet. The
purpose of this research is to know factors that can support learning physical education and
percentage of each factor.This research is descriptive research. The survey uses
questionnaire to collect data. Subjects of this research are physical teachers in elementary
schools in Purworejo regency. Total the teachers are 64 physical teachers. Data analysis
technique uses descriptive quantitative analysis in percentage form.Based on research result,
can conclude that supporting factors in physical education learning at elementary schools,
year academic 2016. In this case in all  elementary school at Purworejo regency, central
Java Province be in  categorize  very low 0%, low 0%, average 3.125%, high 37.5%, very
high 59.375%.
 
Keyword: physical education learning, Elementary school, and teacher physical education.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.