TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENJAS SEKOLAH DASAR NEGERI SEKECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA TERHADAP GAYA MENGAJAR LATIHAN

Dewi - Meilani

Abstract



Abstrak
         Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya data tentang pengetahuan guru pendidikan jasmani se-Kecamatan
Kotagede Yogyakarta terhadap gaya mengajar latihan. Maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa
besar tingkat pengetahuan guru penjas sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta terhadap gaya
mengajar latihan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode yang digunakan
adalah metode survei. Instrumen penelitian berupa angket dengan nilai validitas 0,941 dan nilai reliabilitas 0,974.
Subjek penelitian adalah guru penjas sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta sebanyak 11 orang.
Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui tingkat
pengetahuan guru penjas sekolah dasar negeri se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta terhadap gaya mengajar latihan
sebagian besar pada kategori cukup dengan persentase sebesar 36,36 %, pada kategori tinggi sebesar 27,27%, pada
kategori sangat rendah sebesar 18,18 % dan pada kategori rendah sebesar 9,09 % dan kategori sangat tinggi 9,09 %.  

Kata kunci : tingkat pengetahuan, guru penjas, gaya mengajar latihan
 
Abstract
         The background of research is there is no data about the level of knowledge of physical education teachers in
Kotagede DistrictYogyakarta on the teaching style of practice. Thus, the research aims at figuring out how much level
of knowledge of elementary school teachers in the Kotagede District Yogyakarta on teaching style of practice. The
research type used was descriptive. The method used was by survey method. The research instrument was by
questionnaire with validity value 0.941 and reliability value 0.974. The subjects of research were the teachers of state
elementary school in Kotagede District Yogyakarta consisting 11 teachers. The data analysis technique employed
descriptive statistics with percentage. Based on the results of the research, it indicates that the level of knowledge of
the elementary school teacher of Kotagede District Yogyakarta on the teaching style of practice is; mostly in the
medium category with percentage 36.36%, in the high category 27.27%, in the very low category 18.18 %, and in the
low category 9.09%, and in the very high category 9.09%.

Keywords: knowledge level, physical education teacher, teaching style of practice



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.