PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENGENALAN BOLA DALAM PEMBELAJARANMENGGUNAKANBOLALUNAKDANBOLASTANDARPADA SISW A KELAS IV

Yulia Fajar Triandarini

Abstract


ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas panjang
voli dalam pembelajaran antara model bermain menggunakan bola
standar pada siswa SD. Dari kedua model bermain dicari efektif
merupakan penelitian deskriptif, menjelaskan beberapa gejala, fakta, dan kejadian secara
sistematis dan akurat. Populasi seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pakem, Sleman 12 siswa.
Sampel diambil dengan purposive random sampling. Purposive dengan ciri: kelas N, lahir
setelah satu F ebruari 2007, belum pemah beramain bola volt, 24 siswa memenuhi syarat,
Random untuk mengambil delapan putra dan delapan putri. Pengambilan data dengan
pengamatan oleh penilaiijudge, menghitung jumlah sentuhan pemain ke bola dalam satu kali
Permainan di lapangan 12 x 6 meter, setiap regu 4 orang, servis boleh dalam
lapangan, aturan seperti dalam permainan bola voli, memainkan bola boleh divoli atau
ditangkap, setiap regu maksimal memainkan bola tiga kali. Data penelitian diolah
menggunakan analisis deskriptif, daft uji-t antar kelompok (independent t-testi. Hasil, bahwa:
(1) Ada perbedaan yang signifikan (p<0,05) pengaruh, antara pembelajaran menggunakan
model bermain dengan bola lunak dan bola standar terhadap efektivitas pengenalan bola voli
pada siswa putra kelas iV. (2) Pengenalan dengan bola lunak juga lebih efektif daripada bola
standar pada putri(p<0,05).
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran, Bola Voli, Bola Lunak dan bola Standar
Abstract
Purpose of this research was to find out effectiveness difference in the longest rally
is introduction volleyball learning with soften and standard ball 4th grade
elementary students. The research was to proof the most effective model. This is descriptive
researches that explain indications, facts, and phenomenon precisely and
accurately.Population of this research is 12students of 4th grade in SD NegeriPakem. Purpose
random sampling is used sampling method in the research. Characteristic of Purposive: 4th
grade, born after February I" 2007, never play volley ball before. From those characteristic
24 students is qualify. Randomly 8 boys and girls are selected. Data is collected the judge,
counted number touch in one games is on court its team
contain 4 students, service can be done inside court, the rule is same with volley ball, the ball
can be pass or catch, each team can play only three times. The research data is processed
using descriptive analysis and independent t-test. The results are: (1) There is a significant
effect(p<O, OSJ between playing with soften and standard ball toward effectiveness volley
learning for 4 grade boys student.(2) Introduction with soften ball also mote effective than
use standard ball for 4th grade girls student (p<O, 05).
Key words: Effectiveness, Learning, Volley ball, Soften Ball, Standard ball.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.