HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI CAIRAN DAN STATUS HIDRASI PADA SISWA KELAS 5 DI SD N PERCOBAAN 4 WATES

Candra Bima Setyawan

Abstract


ABSTRAK
  Menjaga kesehatan penting dilaksanakan oleh setiap orang. Siswa membutuhkan
konsumsi cairan yang baik guna menjaga status hidrasinya dalam rangka menghindari
dehidrasi yang berdampak bagi tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan konsumsi cairan dan status hidrasi siswa kelas 5 SD N Percobaan 4 wates sebagai
langkah awal dalam rangka menjaga kesehatan.
 Penelitian ini merupakan penelitian diskripsi kuantitatif. Metode kuesioner dilakukan
dalam mengambil data konsumsi cairan, sedangkan metode observasi dilaksanakan dalam
menganalisis status hidrasi dengan metode PURI. Tehnik sampling yang digunakan dalam
penelitian ini adalah total sampling. Penelitian ini menggunakan populasi siswa kelas 5 SD N
Percobaan 4 Wates yang berjumlah 55 orang.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang signifgikan
antara konsumsi cairan dan status hidrasi pada siswa kelas 5 di SD N Percobaan 4 Wates.
Asupan konsumsi cairan yang sudah memenuhi kebutuhan tubuh belum tentu status
hidrasinya selalu dalam kategori baik. Hal tersebut dilatar belakangi oleh faktor-faktor lain
yang mempengaruhi warna urine sebagai metode pengukuran status hidrasi. Aktifitas fisik,
keadaan cuaca, serta konsumsi minuman teh dan kopi menjadi faktor penyebab tidak adanya
hubungan antara konsumsi cairan dan status hidrasi pada siswa kelas 5 di SD Percobaan 4
Wates.
 Kata Kunci: Konsumsi Cairan, Status Hidrasi dan SD N Percobaan 4 Wates.

CORRELATION ON FLUID CONSUMPTION AND HYDRATION STATUS  
OF FIFTH GRADE STUDENT IN SD N PERCOBAAN 4 WATES
Abstract
 Maintaining health is important for everyone. Students need good fluid intake to
maintain their hydration status in order to avoid dehydration that affects their body. The
purpose of this research is to investigate the correlation of fluid consumption and hydration
status of fifth grade students of SD N (State Elementary School) Percobaan 4 Wates as the
first step in order to maintain health.
 The research was descriptive quantitative research. Questionnaire method was done in
taking the data of fluid consumption, while the observation method was done in analyzing
hydration status with PURI method. The sampling technique performed in this research was
by total sampling. This research used the population of fifth grade students of SD N
Percobaan 4 Wates of 55 students.
 The result of research is that there is no significant correlation between fluid
consumption and hydration status of fifth grade students in SD N Percobaan 4 Wates. The
fluid consumption intake that already meets the need of the body does not necessarily mean
that the hydration status is always in good category. This is due to other factors affecting the
color of urine as a method of measuring hydration status. Physical activity, weather
conditions, and consumption of tea and coffee drinks are the factors causing no correlation
between fluid consumption and hydration status of fith grade students in SD N Percobaan 4
Wates.
Keywords: Fluid Consumption, Hydration Status, and SD N Percobaan 4 Wates.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.