PENGEMBANGAN ALAT DAN MODEL PERMAINAN HOKI UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ANAK SEKOLAH DASAR KELAS ATAS

Nuzulla - Saputri

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan keterbatasan sarana dan prasarana
permainan bola kecil dan ragam permainan bola kecil sehingga proses pembelajaran
permainan bola kecil mengalami hambatan dalam melakukan inovasi. Tujuan penelitian ini
adalah menghasilkan pengembangan alat dan produk model permainan Pipa Saluran Air
(PSA) Hoki agar dapat mengatasi masalah keterbatasan sarana dan prasarana dan
meningkatkan ketrampilan koordinasi gerak peserta didik serta menambah ragam permainan
bola kecil. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and
development) yang mengacu pada teori Sugiyono, yang berarti penelitian ini merupakan
penelitian yang berorientasi pada produk. Dari hasil penelitian ini telah ditemukan (1) model
permainan PSA Hoki dapat menarik perhatian siswa SD kelas atas untuk mengenal permainan
Hoki, (2) Model permainan PSA Hoki dapat menambah variasi permainan bagi guru yang
mengajar anak SD kelas atas, (3) Model permainan PSA Hoki dapat mengungkapkan imjinasi
siswa SD kelas atas dalam perpaduan modifikasi alat dan permainan dengan diperoleh hasil
uji coba aspek afektif yaitu aspek peserta didik mau bermain kembali, diperoleh prosentase
sebesar 92,08% (sangat layak). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model
permainan PSA Hoki ini dapat mengatasi masalah keterbatasan sarana dan prasarana,
meningkatkan koordinasi gerak peserta didik, dan menambah ragam materi permainan bola
kecil.
Kata Kunci : Keterlaksanan, Permainan Tradisional, Pembelajaran Penjasorkes

Abstract   
The research is motivated by problems of limited facilities and infrastructures of small
ball game and various small ball games so that the learning process of small ball game is
difficult to get innovation. The purpose of this research is to develop the tool and game model
product of Water Channel Pipe  (PSA) Hockey in order to overcome the problem of limited
facilities and infrastructures and to improve the coordination skills of the students' movement
and to increase the variety of small ball game.
This research was research and development referring to the theory of Sugiyono,
which means this research was product-oriented research. From the research results, it is
found that (1) the PSSA Hockey game model can attract upper class student in elementary
school to identify hockey game, (2) the PSA Hockey game model can add variety of games
for teachers of upper grade of elementary school children, (3) the PSA Hockey game model
can express the imagination of upper grade students in combination of modification of tools
and games with proven by the result of testing the affective where the students want to play again, obtained percentage 92,08% (very feasible). From the existing data, it can be concluded
that the PSA Hockey game model can overcome the problem of limited facilities and
infrastructures, improve the coordination of learners’ movement, and add the variety of small
ball game material.

Keywords: game model, PSA Hockey, upper grade of elementary school

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.