PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GROGOL KECAMATAN BAMBANGLIPURO KABUPATEN BANTUL.

suryo - nugroho

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di SD
N 1 Grogol Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul. Banyaknya kelas yang ada di sekolah
tersebut berjumlah 14 kelas dan 347 siswa. Berkaitan dengan hal itu, peneliti ingin mengetahui
bagaimana pelaksanaan UKS yang meliputi program TRIAS UKS dan Dokter Kecil berjalan sesuai
denganĀ  buku pedoman pelaksanaan UKS di Sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif.
Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, dua Guru Penjas dan 6 orang siswa sebagai
Dokter Kecil di lingkungan SD N 1 Grogol. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan
teknik purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara dan
dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Teknik
analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dengan langkah data reduction, data display, dan
conclusion drawing (verification).
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan UKS di SD N 1 Grogol dapat dikatakan
berhasil dan mayoritas berjalan sesuai dengan buku panduan pelaksanaan UKS yang diterbitkan oleh
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar tahun 2014. Kegiatan
UKS dilaksanakan secara kurikuler dan ektrakurikuler, dengan bantuan dari Puskesmas dan komite
sekolah akan tetapi masih ada beberapa kegiatan dalam buku pedoman yang belum terlaksana.
Kata Kunci : Usaha Kesehatan Sekolah, Dokter Kecil
Abstract
This study aims to describe the implementation of the School Health Unit (SHU) at SD N 1
Grogol, Bambanglipuro district, Bantul Regency. There are 14 classes and 347 students in the school.
In relation to this, the researcher is interested in investigating how the SHU comprising the three
SHU and Little Doctor Prgoram in implemented in accordance with the guidebook for the
implementation of the SHU at school.
This was a desciptive study using the qualitative reseacrh approach. The research subjects
were principal, two physical education teachers, and 6 students as Little Doctors at SD N 1 Grogol.
The research subjects were selected by means of purposive sampling technique. The data were
collected through observations, interviews, and documentation. The data trustworthiness was
enhanced by triangulation. The data analysis technique was the qualitative analysis technique with
the steps of data reduction, data display, and cocclusion drawing (verification).
The Result of the study show that the implementation of the SHU at SD N 1 Grogol is
relaltively successful and the majority run in accordance with the guidebook for the implementation
of the SHU published by the Ministry of Education and Culture, Diretorate General for Elementary
Education Year 2014. The SHU activities are implemented through curricular and extracurricular activities, supported by the Community Health Center and the School committee, but threre are still
several activities in the guidebook which have not been implemented.
Keywords: School Health Unit, Little Doctors

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.