PELAKSANAAN PROGRAM DOKTER KECIL DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN KEHIDUPAN SEKOLAH SEHAT DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL TAHUN 2016

Fika - Andrean

Abstract


Abstrak
Pelaksanaan Program Dokter Kecil dalam Mewujudkan Lingkungan Kehidupan Sekolah
Sehat Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul bersifat insidental,
masih minimnya sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan dokter kecil karena anggaran
opersioanal Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang tercantum dalam Rencana Kegiatan
Anggaran Sekolah (RKAS) hanya sedikit, serta dukungan dari pembina UKS masih kurang
maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Program
Dokter Kecil dalam Mewujudkan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat di Sekolah Dasar
Negeri Se-Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian
diskiptif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei. Instrumen dalam
penenelitian ini adalah angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaksana UKS
di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul sebanyak 16 responden.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara keseluruhan, Pelaksanaa Program Dokter Kecil dalam
Mewujudkan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan
Jetis Kabupaten Bantul terdapat 0 Sekolah Dasar Negeri yang berada pada kategori sangat
baik (0%), 5 Sekolah Dasar berada pada kategori baik (31,25%), 6 Sekolah Dasar berada
pada kategori cukup (37,50%), 3 Sekolah Dasar pada kategori kurang (18,75%), dan 2
Sekolah Dasar berada pada kategori sangat kurang (12,50%).
Kata Kunci : Pelaksanaan, Program Dokter Kecil, Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat

IMPLEMENTATION OF “DOKTER KECIL” PROGRAM IN REALIZING
HEALTHY SCHOOL LIFE ENVIRONMENT IN STATE ELEMENTARY SCHOOLS
OF JETIS DISTRICT BANTUL REGENCY IN 2016

Abstract
The implementation “Dokter Kecil” Program in realizing healthy life school enviroment in
state elementary schools of Jetis District Bantul is incidental, there still lacks of supporting
facilities and infrastructures of the implementation of “Dokter Kecil” Program since the
operational budget of School Medical Room (UKS) listed in School Budget Activity Plan
(RKAS) is just little, and the support of the School Medical Room (UKS) is not maximum.
This research was conducted in order to determine the implementation of the “Dokter Kecil”
Program in realizing healty school life environment state elementary schools in Jetis District
Bantul Regency. The research was descriptive. The method in this research was by survey
method. The instrument in this research was by questionnaire. The population in this research
were all implementers of Scholl Medical Room (UKS) in state elementary schools in Jetis
District Bantul Regency of 16 respondents. The data analysis technique in this research used
percentage. The result show that overall, the implementation “Dokter Kecil” Program in
realizing healthy life school enviroment in state elementary schools of Jetis District Bantul :
is no school in the very good category ( 0% ), 5 elementary schools in good category (
31,25% ), 6 elementary schools in the medium category ( 37,50% ), 3 elemantary schools in
the less category ( 18,75% ), and 2 elementary schools is in very less category.
Keywords : Implementation, “Dokter Kecil” Program, Healthy School Life Environmen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.