UPAYA PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN SENAMLANTAI KONSEP PUTAR MELALUI PERMAINAN DAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SIDOMUKTI KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN

- - Awaludin

Abstract


Abstrak
Penelitian ini berawal dari siswa kelas V SD Negeri 2 Sidomukti Kecamatan Kuwarasan,
Kabupaten Kebumen yang kurang inovatif, aktif, efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran
senam lantai konsep putar. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan proses pembelajaran
senam lantai konsep putar melalui permainan dan penggunaan media gambar pada siswa kelas V
SD Negeri 2 Sidomukti Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I
dan sikus II dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD
Negeri 2 Sidomukti Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen yang berjumlah 14
siswa.Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 20 dan 27 April 2016, sedangkan siklus kedua
dilaksanakan pada tanggal 4 dan 11 Mei 2016.Pengambilan datanya dilakukan oleh peneliti dan
kolaborator, dengan menggunakan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran danangket
sikap siswa terhadap pembelajaran senam lantai konsep putar melalui permainan dan penggunaan
media gambar. Pengamatan dilakukan pada saat kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup
pembelajaran.Analisis data dilakukan dengan cara merefleksi hasil observasi dan evaluasi
terhadap kegiatan pembelajaran dan diolah menjadi kalimat yang bermakna dan dianalisis secara
deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberi tindakan selama dua siklus atau
empat kali pertemuan adanya peningkatan proses pembelajaran yang meliputi indikator inovatif,
aktif, efektif, dan senang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalahmelalui permainan dan
penggunaaan media gambar dapat meningkatkan proses pembelajaran pada siswa kelas V SD
Negeri 2 Sidomukti, Kecamatan Kuwarasan, Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: proses pembelajaran, permainan, media gambar

this study mr» triggered by the jail that tirade J ' students of Public Elementary School
2 of Sidomukti Kuwttrasan District. Kebumen Regency, were not innovalis'c, itctivc. effective,
and jmful enough in the learning of round-off floor exercises This study aimed to improve the
teaming process of round-off floor exercises through game' mid picture media use tor Grade I students nf Public Elementary School 2 of Sidomukti. Kuwarasan District , Kebunten Regency this
in/.v in action research study consisting of two cycles, namely Cycle I and Cycle 11 each of which was conducted in two meetings, Ihe research subjects were Grade V students of Public Elementary School 2 of Sidomukti, Kuwarasan District , Kelmmen . itIt total if N students Cycle f HYW conducted tin 20 and 27 April 2016 and Cycle on 4 ami 11 May 2016 The data were collected by the researcher and the collaborator by means of an observation sheet for the teaming implementation and the student questionnaire for the learning of round off floor
exercises through games and picture media use.the observations
ntw conducted in the
Oltroductoiy. main, and closing ac tivities, the data were analyzed by reflecting on the results
if the observations and evolutions of the activities, processed into meaningful sentences, ami
dtscriptivelyanalyied. The results of the study showed that afther tin. actions in two cycles or four meetings
there \i%ison improvement in the learning process, shown by the innovative, active, effective, and
joyful indicators The research inclusion is that the games and picture media use can Improu
the learning process for Grade I students ot Public Eiementury School 2 of Sidomukti.
Kttwarusurt District. Kcbumett Regency. in the 201S 2( )l 6 academic year
Keywords: learningprewess. games, ipicturcs media



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.