TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKTAKRAW PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SD NEGERI BAYANGKARA KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016

Farit Khulfani

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan keterampilan dasar bermain sepaktakraw
yang belum dikuasai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan
bermain sepaktakraw peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Negeri Bayangkara, Kecamatan
Gondokusuman, Kota Yogyakarta tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepaktakraw yang terdiri dari kelas V dan VI yang berjumlah 29
siswa putra. Teknik pengambilan datanya menggunakan instrumen tes keterampilan bermain
sepaktakraw dari M.Husni Thamrin, dkk (1995) yang dimodifikasi oleh Arief Nugroho Liestyanto
(2015) dengan tingkat validitas sebagai berikut: sepakmula 0,890; sepaksila 0,889; sepakkuda 0,906;
heading 0,930; dan smash 0,889 dan angka realibilitas instrumen 0,932. Analisis data pada
penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 3 siswa (10,4%) berada dalam kategori “sangat tinggi”, 4 siswa (13,8%) berada
dalam kategori “tinggi”, 11 siswa (37,9%) berada dalam kategori “sedang”, 11 siswa (37,9%) berada
dalam kategori “rendah”, dan tidak ada siswa (0%) yang berada dalam kategori “’sangat rendah”.
Kata Kunci: Keterampilan, Sepaktakraw, Ekstrakurikuler.
LEVEL OF SEPAK TAKRAW SKILLS OF SEPAK TAKRAW
EXTRACURRICULAR STUDENTS OF BAYANGKARA ELEMENTARY
SCHOOL, GONDOKUSUMAN SUB-DISTRICT, YOGYAKARTA YEAR
2016
Abstract
The research is based on the problem that the basic skills of sepak takraw have not been
mastered well. This research is aimed to know the level of sepak takraw skills of sepak takraw
extracurricular students of Bayangkara Elementary School, Gondokusuman sub-district,
Yogyakarta, year 2016. This research is a descriptive research which uses quantitative approach.
Population of this research was all of the students of sepak takraw extracurricular, which consisted
of 29 male students from grade V and VI. The data were collected using an instrument for sepak
takraw skills testing from M. Husni Thamrin, dkk (1995) which was modified by Arief Nugroho
Liestyanto (2015) with the levels of validity: sepakmula 0,890; sepaksila 0,889; sepakkuda 0,906;
heading 0,930 and smash 0,889. The instrument’s reliability was 0,932. The data were analyzed
using descriptive quantitative analysis with percentage. The result showed that 3 students (10,4%)
were on “very high” category, 4 students (13,8%) were on “high” category, 11 students (37,9%)
were on “average” category, 11 students (37,9%) were on “low” category and no student (0%) was
on “very low” category.
Keywords: skills, sepak takraw, extracurricular

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.