TINGKAT KESEGARAN JASMANI PESERTA DIDIK KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI SROWOLAN KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sri Atyanti

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi pasif dan cepat lelahnya peserta didik dalam mengikuti
pembelajaran pendidikan jasmani, program sekolah yang kurang maksimal pelaksanaanya, sarana dan
prasarana pendukung kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani tidak sebanding dengan jumlah
Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran tentang tingkat
kesegaran jasmani peserta didik SD N Srowolan Kecamatan Pakem.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Variabel yang diteliti adalah kesegaran
jasmani peserta didik Sekolah Dasar Negeri Srowolan Kecamatan Pakem yang dengan instrumen
penelitian yaitu Tes Kesegaran Jasmani Indonesia yang terdiri dari 5 item tes. Sampel penelitian
adalah peserta didik Sekolah Dasar Negeri Srowolan Kecamatan Pakem meliputi Putra 25 peserta
didik dan putri 24 peserta didik. Analisis yang digunakan untuk mendeskripsikan tingkat kesegaran
jasmani peserta didik adalah dengan menggunakan statistik deskriptif dengan pengklasifikasian dibagi
menjadi 5 kategori.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani peserta didik SD N Srowolan
Kecamatan Pakem adalah secara keseluruhan terdapat 5 peserta didik (10%) dengan kategori kurang
sekali, 22 peserta didik (45%) dengan kategori kurang, 19 peserta didik (39%) dengan kategori
sedang, 3 peserta didik (6%) dengan kategori baik, dan tidak ada peserta didik (0% ) dengan katagori
baik sekali.
Kata Kunci: kesegaran jasmani, tes kesegaran jasmani indonesia, Peserta didik kelas IV dan V
Abtract
The research was motivated by passive and quickly tired of learners in following the study of
physical education, the school program realization that was not maximized, there physical education
learning activities building and facility are not in accordance with the number of the students. Those
are what form the background of the study. The research was proposed to describe the physical fitness
primary school students of Sekolah Dasar Negeri Srowolan in Pakem subdistrict.
The study includes into descriptive research. In this thesis the researcher used survey method
by test and measurement technique. The variable of the research is the physical fitness primary school
students of Sekolah Dasar Negeri Srowolan , in Pakem subdistrict. Indonesian physical fitness test
was used as tge research instrument. It consist of five test. The sample of the research was primary
school students of Sekolah Dasar Negeri Srowolan in Pakem subdistrict. There are 25 boy and 24
girls students. The writer used descriptive statistic by classifying into five categories to analyze the
data.
The result showed that the level of physical fitness primary school students of Sekolah Dasar
Negeri Srowolan, in Pakem subdistrict. There are 5 students (10%) lack, 22 students (45%) poor, 19
students (39%) fair, 3 students (6%) good, there is not student (0%) excellent.
Keywords: physical fitness, physical fitnest test, fourth and fifth grade students.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.