TINGKAT KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (PENJAS ADAPTIF) DI SEKOLAH DASAR INKLUSI SE-KECAMATAN SENTOLO

Dimas Satrio Ragil

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum adanya penelitian tentang tingkat keterlaksanaan
pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan Sentolo. Oleh sebab itu,
penelitian ini bertujuan untuk meneliti seberapa tinggi tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan
jasmani adaptif di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif menggunakan metode survei dengan instrumen berupa angket yang terdiri dari faktor
perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Subjek penelitian
yang digunakan adalah guru pendidikan jasmani sebanyak 6 guru. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif dengan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa tingkat
keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan Sentolo
menunjuk pada kategori baik 50%, cukup baik 16,67%, dan kurang baik 33,33%. Kemudian faktor
perencanaan pembelajaran menunjuk pada kategori baik 50%, cukup baik 16,67%, dan kurang baik
33,33%. Sedangkan faktor proses pelaksanaan pembelajaran menunjuk pada kategori baik 50%, cukup baik
16,67%, dan kurang baik 33,33%. Sedangkan faktor evaluasi pembelajaran menunjuk pada kategori baik
50%, cukup baik 16,67%, dan kurang baik 33,33%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran
pendidikan jasmani bagi siswa berkebutuhan khusus (penjas adaptif) di Sekolah Dasar Inklusi seKecamatan Sentolo terlaksana dengan baik.
Kata kunci : keterlaksanaan, pembelajaran, penjas adaptif, SD inklusi
Abstract
The research background is that the study of the implementation levels of the learning of adaptive physical
education at inclusive elementary schools in Sentolo District has not been available yet. Therefore, this
study aims to investigate the implementation levels of the learning of adaptive physical education at
inclusive elementary schools in Sentolo District. This was a descriptive study using the survey method with
an instrument of a questionnaire consisting of factors of lesson planning, learning implementation process,
and learning assessment. The research subjects were 6 physical education teachers. The data analysis
technique was the descriptive analysis technique using percentages. The results of the study and discussion
show that the implementation levels of adaptive physical education at inclusive elementary schools in
Sentolo District are good (50%), fair (16.67%), and poor (33.33%). The factor of lesson planning is good
(50%), fair (16.67%), and poor (33.33%). The factor of learning implementation process is good (50%),
fair (16.67%), and poor (33.33%). The factor of learning assessment is good (50%), fair (16.67%), and poor
(33.33%). Therefore, it can be concluded that the learning of physical education for students with special
needs (adaptive physical education) at inclusive elementary schools in Sentolo District is well implemented.
Keywords : implementation, learning, adaptive physical education, inclusive elementary schools

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.