PERBEDAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN BANTUL ANTARA YANG MELAKSANAKAN PROGRAM UKS DENGAN YANG TIDAK MELAKSANAKAN PROGRAM UKS

Celien Mamengki

Abstract


ABSTRAK
Pengamatan yang dilakukan dibeberapa sekolah dasar negeri se Kecamatan Bantul masih ada
sekolah yang belum melaksanakan program UKS, sehingga belum terlaksana dengan baik dan siswa
juga belum menunjukkan perilaku yang mencerminkan hidup sehat. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui perbedaan dari perilaku hidup bersih dan sehat siswa kelas IV antara yang
melaksanakan dengan yang tidak melaksanakan program UKS di beberapa sekolah dasar negeri se
Kecamatan Bantul. Jenis penelitian ini adalah komparatif, dengan desain penelitian menggunakan
dengan metode survey. Instrumen penelitian berupa angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV
dibeberapa sekolah dasar negeri se Kecamatan Bantul sebanyak 168 siswa. Teknik analisis data
menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (independent sample t test) dengan taraf signifikan 5
%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai t
hitung
 (3,595) > t
 (1,980), dan nilai p (0,000) < dari
0,05, hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai t
hitung
tabel
 lebih besar dari pada t
. Hasil tersebut dapat
disimpulkan ada perbedaan perilaku hidup bersih dan sehat siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se
Kecamatan Bantul antara yang melaksanakan program UKS dengan yang tidak melaksanakan
program UKS.

Kata kunci : Perbedaan, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat, Program UKS  
 
tabel
ABSTRACT
 The observations were conducted at several state elementary schools at the Bantul District
which there were schools that have not implemented the UKS program and students also had not
reflected the healthy life behaviors. The research aims to determine the differences of sanitarian and
healthy life behavior of fourth grade students at state elementary school at Bantul district who
implement and non-implement the school health program (UKS). This was a comparative research
design using a survey method. The research instrument was a questionnaire. The subjects were the
fourth grade students in several state elementary schools at Bantul District with a total of 168
students. Data analyses technique used was hypothesis test of t test (independent sample t test) with
significance level of 5%.The results showed that t
value
 (3.595)> t
table
(1.980), and the p
 (0.000)
<0.05, these results indicated that the t
value
was greater than t
. These results can be concluded there
was a difference in sanitarian and healthy life behavior of  fourth grade students of State Elementary
School at Bantul District who implement and non-implement the school health program (UKS).

Keywords: Diversity, sanitarian and healthy life behavior, UKS Program


table
value

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.