ANALISIS RPP PELAJARAN PJOK SD NEGERI KELAS V SE-KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN DITINJAU DARI PEMBELAJARAN LITERASI

Elvrida Wulan Safitri, Aris Fajar Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran
PJOK SD Negeri se-Kecamaan Pakem Kabupaten Sleman ditinjau dari pembelajaran literasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik menganalisis
dokumen atau analisis isi (content analysis). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif
dan kualitatif. Populasi yang digunakan adalah RPP guru PJOK SD N se-kecamatan Pakem
Kabupaten Sleman sebanyak 19. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar dokumentasi.
Tenik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan
persentase dan kualitatif.
 Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis rencana pelaksanaan pembelajaran mata
pelajaran PJOK SD Negeri se-Kecamaan Pakem Kabupaten Sleman ditinjau dari pembelajaran
literasi,  RPP dalam kategori sangat baik sebesar 0%, memiliki kategori baik sebesar 31,25%,
memiliki kategori sedang sebesar 37,5%, memiliki kategori kurang sebesar 25%, dan memiliki
kategori sangat kurang sebesar 6,25%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa analisis rencana
pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PJOK SD N se-Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman
ditinjau dari pembelajaran literasi masuk dalam kategori sedang.  
Kata kunci : RPP, PJOK, Pembelajaran literasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.