TES KETERAMPILAN SERVIS BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW SD NEGERI BONDALEM

Ana Mawahdah, Sridadi Sridadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterampilan
bermain sepak takraw peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SD Bondalem Bantul. Penelitian
ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik
tes dan pengukuran. Subjek dalam penelitian adalah peserta ektrakurikuler sepak takraw di SD
Bondalem yang berjumlah 15 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan metode tes servis
bawah yang diambil dari tes keterampilan dasar bermain sepaktakraw (M. Husni Thamrin 1995)
dengan validitas 0,667 dan reliabilitas 0,757. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan menunjukan bahwa tingkat keterampilan bermain sepaktakraw peserta
ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Bondalem berada pada kategori “sangat baik” sebesar 6,67%
(1 siswa), “baik” sebesar 26,67% (4 siswa), “cukup” sebesar 33,33% (5 siswa), “kurang” sebesar
26,67% (4 siswa), sanagat kurang sebesar 6,67 (1 siswa). Dengan demikian dapat diimpulkan
keterampilan servis bawah peserta ekstrakurikuler sepak takraw SD Negeri Bondalem adalah
sedang..
Kata kunci : Tes keterampilan, sepak takraw,siswa ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.