TINGKAT PENGETAHUAN GURU PJOK TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DI SD NEGERI KECAMATAN KASIHAN DAN KECAMATAN SEWON BANTUL

Oktavani Eka Widiawati, Saryono Saryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan Guru PJOK Terhadap Media
Pembelajaran Berbasis ICT Di SD Negeri Kecamatan Kasihan dan Kecamatan Sewon Bantul.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey.
Instrumen penelitian ini berupa angket Pengetahuan Guru PJOK Terhadap Media Pembelajaran
Berbasis ICT. Subjek penelitian ini adalah Guru PJOK di SD negeri Kecamatan Kasihan dan
Kecamatan Sewon Bantul yang berjumlah 50 guru dari 47 sekolah. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk presentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Pengetahuan Guru PJOK Terhadap Media
Pembelajaran Berbasis ICT di SD Negeri Kecamatan Kasihan dan Kecamatan Sewon Bantul, pada
kategori sangat tinggi (24%) sebanyak 12 guru, kategori tinggi (16%) sebanyak 8 guru, kategori
cukup (42%) sebanyak 21 guru, kategori rendah (18%) sebanyak 9 guru, kategori sangat rendah (0%)
sebanyak 0 guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengetauan Guru
PJOK Terhadap Media Pembelajaran Berbasis ICT di SD Negeri Kecamatan Kasihan dan Kecamatan
Sewon Bantul dalam kategori cukup dalam mengingat, memahami, menganalisis, mensintesis dan
mengaplikasikan media pembelajaran berbasis ICT.

Kata Kunci : Pengetahuan, PJOK, Media Pembelajaran, ICT



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.