TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI GEJAYAN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN

Bahtra Roro Ambarwati, Yuyun Ari Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang tingkat kebugaran jasmani anak
berkebutuhan khusus di sekolah inklusi sd negeri gejayan condongcatur depok sleman. Penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan pengambilan datanya menggunakan tes dan pengukuran.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yaitu seluruh siswa SD Negeri Gejayan
sejumlah 120 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
purposive sampling, berjumlah 40 orang yang terdiridari 23 orang berjenis kelamin pria, dan
17 orang berjenis kelamin wanita. Teknik pengambilan datanya menggunakan tes dan
pengukuran “EUROFIT”.  Hasil penelitian diketahui bahwa tingkat kebugaran jasmani anak
berkebutuhan khusus di sekolah inklusi sd negeri gejayan condongcatur depok sleman sebagian besar
berada pada kategori kurang sebesar 40 % (16 anak), diikuti kategori sedang sebesar 50 % (20 anak)
dan kategori baik sebesar 10 % (4 anak). Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran
jasmani anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut berkategori sedang yaitu sebesar 50% dengan
jumlah 20 anak.
Kata Kunci: Tingkat kebutuhan jasmani, anak berkebutuhan khusus.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.