FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RENANG DI SD NEGERI SE-KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Farida Monica, Hedi Ardiyanto Hermawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi faktor penghambat pelaksanaan
pembelajaran renang di SD Negeri se-kecamatan Sedayu Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan
angket. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Sekolah
Dasar Negeri di Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 20 orang
yang ditentukan dengan menggunakan anggota populasi sebagai sampel/ sampling jenuh. Hasil dihitung
dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan dipersentasekan. Hasil penelitian tersebut
diketahui faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran renang di SD Negeri se-kecamatan Sedayu
Bantul pada kategori sangat tinggi sebesar 0%, kategori tinggi sebesar 40%, kategori cukup sebesar
30%, kategori kurang sebesar 25%, kategori sangat kurang sebesar 5%.

Kata kunci : Hambatan, Pembelajaran, Renang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.