TINGKAT KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTID DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL D.I. YOGYAKARTA

Baadi Allafa, Sugeng Purwanto

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi dengan kurangnya tenaga pendidik di Sekolah Luar Biasa (SLB)
Negeri se-Kabupaten Bantul D.I Yogyakarta yang berlatar belakang pendidikan jasmani. Oleh sebab itu,
penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterlaksanaan pembelajaran
pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri se-Kabupaten Bantul D.I Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode survey.
Teknik pengumpulan data berupa angket, subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Guru
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri se-Kabupaten Bantul
dengan jumlah responden berjumlah 7 guru. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di
Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri se-Kabupaten Bantul D.I Yogyakarta dengan kategori sangat rendah
sebesar 0%, kategori rendah sebesar 28.56%, kategori sedang sebesar 42.86%, kategori tinggi sebesar
14.29%, dan kategori sangat tinggi 14.29%. Secara keseluruhan tingkat keterlaksanaan pembelajaran
pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Luar Biasa se-Kabupaten Bantul masuk ke dalam kategori sedang
yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 71,57.

Kata kunci : tingkat, pembelajaran, pendidikan jasmani adaptif.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.