TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DI SEKOLAH DASAR UPT WILAYAH SELATAN KOTA YOGYAKARTA

wisnu aprianto, A. Erlina Listyorini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan Guru Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication
Technology (ICT) di Sekolah Dasar UPT Wilayah Selatan Kota Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei, instrumen
berupa angket/tes pengetahuan dengan pilihan ganda, dengan nilai validitas 0.755 dan nilai reliabilitas
0.939. Subjek penelitian yang digunakan adalah Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Sekolah Dasar UPT wilayah selatan Kota Yogyakarta yang berjumlah 40 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Tingkat Pengetahuan Guru Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan terhadap media pembelajaran berbasis Information dan Communication
Technology (ICT) di sekolah dasar UPT wilayah selatan Kota Yogyakarta berada pada kategori sangat
tinggi sebesar 25% (10 responden), kategori tinggi sebesar 57.50% (23 responden), kategori sedang
sebesar 12.50% (5 responden), kategori rendah sebesar 5% (2 responden), kategori sangat rendah
sebesar 0.00% (0 responden). Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa Tingkat Pengetahuan
Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terhadap media pembelajaran berbasis Information
and Communication Technology (ICT) di sekolah dasar UPT wilayah selatan Kota Yogyakarta adalah
Tinggi.
Kata kunci : Tingkat Pengetahuan, Guru SD, Media Pembelajaran berbasis ICT.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.