EVALUASI KOMPETENSI GURU PJOK DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MAPEL PENJASORKES SDN SE-KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL

Irfan Bahari, Ngatman Ngatman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi guru PJOK SDN Se-
Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) sesuai dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan metode studi dokumentasi RPP dengan instrumen lembar
penilaian. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK SDN Se-Kecamatan Kasihan yang
berjumlah 22 guru. Data yang diambil merujuk pada RPP Guru PJOK yang diambil dengan
menggunakan instrumen penelitian RPP, PPG, Dirjen Dikdasmen. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif statistik yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi atau kemampuan guru penjasorkes SDN
Se-Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul dalam menyusun RPP Kurikulum 2013,
berkategori sangat baik 4,55%, baik 36,36%, sedang 40,91%, kurang 9,09% dan sangat
kurang 9,09%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru PJOK SD
Negeri Se-Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul yaitu sedang.
 
Kata Kunci : tingkat kompetensi guru PJOK dalam menyusun RPP, SD Negeri Se-Kecamatan
Kasihan, Kabupaten Bantul.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.