TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENJAS SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN NGAGLIK DALAM MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF

Petrus Dedi Saputro, Danang Pujo Broto

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Tingkat Pengetahuan Guru Penjas
Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ngaglik dalam Menyusun Instrumen Penilaian Kognitif.. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode survey. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang
digunakan adalah seluruh SD N di kecamatan Ngaglik yang berjumlah 27 . seluruh populasi menjadi subjek
penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berbentuk angket. Tenik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian yang telah
dilakukan menunjukan bahwa sebanyak 4 responden (14.82%) memiliki kategori Sangat Tinggi, 3 responden
(11.11%) memiliki kategori Tinggi, 10 responden (37.04%) memiliki kategori Sedang, 9 responden (33.33%)
memiliki kategori Rendah, 1 responden (3.7%) memiliki kategori Sangat Rendah. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan guru penjas di Sekolah Dasar Negeri seluruh Kecamatan Ngaglik adalah
sedang

Kata kunci : tingkat pengetahuan, penyusunan instrumen penilaian kognitif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.