ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU PJOK KELAS V TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN

Mega Noerweni Bintari, Aris Fajar Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis rencana pelaksanaan pembelajaran guru PJOK
kelas V tentang pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) di SD Negeri se-Kecamatan
Berbah Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode survey, dengan teknik pengumpulan data
menggununakan instrumen penilaian atau analisis data. Subyek penelitian ini adalah seluruh Guru PJOK
se-Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman yang berjumlah 15 Guru yang dilakukan pada 6 Maret – 15
Maret 2019 dan dalam penelitian ini yang diteliti atau dianalisis adalah komponen-komponen Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills)
yang telah dibuat Guru PJOK Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis rencana pelaksanaan
pembelajaran guru PJOK tentang pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) di SD
Negeri se-Kecamatan Berbah berada pada kategori “sangat baik” dengan persentase 40%, kategori “baik”
dengan persentase 46,67%, kategori “cukup” dengan persentase 13,33%, kategori “kurang” dengan
persentase 0% dan kategori “sangat kurang” dengan persentase 0%.

Kata Kunci: PJOK, pembelajaran, HOTS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.