TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK TERHADAP METODE PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 SD NEGERI SEKECAMATAN WATES

Daniel Simbolon, Ahmad Rithaudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman guru PJOK
terhadap metode pembelajaran dalam kurikulum 2013 SD Negeri Se-Kecamatan Wates. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PJOK SD Negeri
Se-Kecamatan Wates yang berjumlah 29 guru dari 29 Sekolah Dasar, yang diambil menggunakan
teknik total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan
dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru PJOK
terhadap Metode Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 SD Negeri Se-Kecamatan Wates berada pada
kategori “sangat rendah” sebesar 0% (0 guru), “rendah” sebesar 34,48% (10 guru), “cukup” sebesar
62,07% (18 guru), “tinggi” sebesar 3,45% (1 guru), dan “sangat tinggi” sebesar 0% (0 guru).
Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 46,90, tingkat pemahaman guru PJOK terhadap metode
pembelajaran dalam kurikulum 2013 SD Negeri Se-Kecamatan Wates dalam kategori “cukup”.
Kata kunci: pemahaman guru, metode pembelajaran, PJOK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.