UPAYA GURU PJOK DALAM MENGATASI ANAK HIPERAKTIF SAAT PROSES PEMBELAJARAN PENJAS DI SD KRAPYAK

Muhammad Yuli Saputra, Pamuji Sukoco

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk untuk mengetahui bagaimana cara guru PJOK di SD
Negeri Krapyak, Godean, Sleman dalam menangani peserta didik untuk mencapai proses pembelajaran
yang tepat dan upaya guru dalam menghadapi anak hiperaktif.Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Waktu penelitian dilaksanakan selama 2 bulan dengan subjek penelitian yaitu guru
PJOK SD Negeri Krapyak, Godean, Sleman. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan
beberapa metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti kepada guru
PJOK SD Negeri Krapyak. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan secara desktiptif dengan
mengolah data berdasarkan pengumpulan data. Setelah data-data yang dibutuhkan telah terpenuhi,
kemudian akan dilanjutkan dengan mendeskripsikan secara kualitatif.Berdasarkan hasil dan pembahasan
didapatkan kesimpulan bahwa upaya guru PJOK dalam mengatasi anak hiperaktif saat proses
pembelajaran penjas di SD Negeri Krapyak, Godean, Sleman memiliki berbagai metode sesuai dengan
tingkatan dan perilaku anak. Metode-metode yang diberikan oleh guru tersebut yaitu, memberikan pujian,
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tidak memberikan waktu anak untuk asyik sendiri,
mengembangkan sikap sosial, memberikan perhatian khusus dengan menasihati, dan sering menjadikan
anak sebagai contoh kepada teman yang lain.
Kata kunci :Hiperaktif, Peserta didik, Pembelajaran Penjas



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.