TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK SISWA KELAS ATAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN WATES TAHUN 2018/2019

Mohamad Sabar Rinaldi, Yudanto Yudanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik peserta didik kelas atas
di Sekolah Dasar Negeri Gadingan Wates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.
Metode  penelitian  ini  adalah  survei  dengan  teknik  pengumpulan  data  menggunakan  tes  dan
pengukuran. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas atas Sekolah Dasar Negeri
Gadingan Wates yang berjumlah 88 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik total sampling,
dengan rincian peserta didik putra berjumlah 43 dan peserta didik putri berjumlah 45 orang. Instrumen
dalam penelitian ini menggunakan Tes Motor Ability untuk Sekolah Dasar yang meliputi tes Shutlle-
run 4 x 10 meter (kelincahan), tes lempar tangkap bola jarak 1 meter dengan tembok (koordinasi), tes
Stork Stand Positional Balance (keseimbangan), tes lari cepat 30 meter (kecepatan), dengan validitas
sebesar  0,930  dan reliabilitas  sebesar  0,870.  Analisis  data  menggunakan analisis  deskriptif  yang
dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan motorik
peserta didik putra kelas atas di Sekolah Dasar Negeri Gadingan Wates berada pada kategori “sangat
kurang” sebesar 6,98% (3 peserta didik), “kurang” sebesar 30,23% (13 peserta didik), “cukup” sebesar
25,58% (11 peserta didik), “baik” sebesar 32,56% (14 peserta didik), dan “sangat baik” sebesar 4,65%
(2 peserta didik). (2) Kemampuan motorik peserta didik putri kelas atas di Sekolah Dasar Negeri
Gadingan Wates berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 4,44% (2 peserta didik), “kurang” sebesar
20,00% (9 peserta didik), “cukup” sebesar 51,11% (23 peserta didik), “baik” sebesar 20,00% (9 peserta
didik), dan “sangat baik” sebesar 4,44% (2 peserta didik).
 
Kata kunci: kemampuan motorik, peserta didik kelas atas, Sekolah Dasar Negeri Gadingan Wates

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.