ANGGAPAN GURU PENJAS SD NEGERI TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PJOK KURIKULUM 2013

Pura Hutama Putra, aris fajar pambudi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan Guru Penjas Sekolah Dasar Negeri terhadap
penggunaan media belajar dalam pembelajaran PJOK kurikulum 2013 se-Kecamatan Pengasih.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Subyek dalam
penelitian ini adalah Guru Penjas Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Pengasih dengan jumlah
responden sebanyak 30 Guru Penjas. Uji coba penelitian dilakukan di Sekola Dasar Negeri di Kecamatan
Wates dengan jumlah responden sebanyak 20 Guru Penjas. Teknik analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase yang terbagi ke dalam 5 kategori. Instrumen
dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus tahun
2018.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan Guru Penjas Sekolah Dasar Negeri terhadap
penggunaan media belajar dalam pembelajaran PJOK kurikulum 2013 se-Kecamatan Pengasih adalah
cukup baik. Secara rinci, sebanyak 3 guru (10%) masuk kategori sangat baik, 5 guru (16,7%) kategori
baik, 14 guru (46,7%) kategori cukup baik, 7 guru (23,3%) kategori kurang baik dan 1 guru (3,3%) masuk
dalam kategori tidak baik.
Kata Kunci: Tanggapan, Guru Penjas, media dan sumber belajar
Abstract
This study aims to find out the responses of Physical Education teachers in public elementary
schools in Pengasih District to the use of learning media in Physical Education, Health, and Sports
(PEHS) learning based on Curriculum 2013.
This was a descriptive study using the survey method. The research subjects were Physical
Education teachers in public elementary schools in Pengasih District with a total of 30 teachers as
respondents. The research tryout was conducted in public elementary schools in Wates District involving
20 teachers as respondents. The data analysis technique was the descriptive statistical analysis technique
using percentages divided into 5 categories. The data were collected by a questionnaire. The study was
conducted in August 2018.
The results of the study show that the responses of Physical Education teachers in public
elementary schools in Pengasih District to the use of media in PEHS learning based on Curriculum 2013
are fairly good. In detail, 3 teachers (10%) are in the very good category, 5 teachers (16.7%) in the good
category, 14 teachers (46.7%) in the fairly good category, 7 teachers (23.3%) in the fairly poor category,
and 1 teacher (3.3%) in the poor category.
Keywords: Responses, Physical Education Teachers, Learning Media

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.