FAKTOR KESULITAN PEMBELAJARAN FUTSAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN 2 DEPOK SLEMAN

Annisa Malayin, nurhadi santoso

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor kesulitan pembelajaran futsal
peserta didik kelas V SD Negeri Percobaan Depok Sleman tahun ajaran 2018-2019. Jenis penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik
pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V
SD Negeri Percobaan Depok Sleman tahun ajaran 2018-2019 yang berjumlah 72 peserta didik, dengan
teknik sampling menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang
dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesulitan pembelajaran
futsal peserta didik kelas V SD Negeri Percobaan Depok Sleman tahun ajaran 2018-2019 berdasarkan
faktor internal pada indikator fisik dengan persentase sebesar 73,26% masuk kategori tinggi dan psikis
persentase sebesar 72,67% masuk kategori tinggi. (2) kesulitan pembelajaran futsal peserta didik kelas
V SD Negeri Percobaan Depok Sleman tahun ajaran 2018-2019 berdasarkan faktor eksternal pada
indikator guru dengan persentase sebesar 75,93% masuk kategori tinggi, sarpras dengan persentasesebesar 72,40% masuk kategori tinggi, kualitas pembelajaran dengan persentase sebesar 72,66%masuk kategori tinggi, keluarga/orangtua dengan persentase sebesar 72,66% masuk kategori tinggi,
dan lingkungan persentase sebesar 71,96% masuk kategori tinggi).
Kata kunci: faktor kesulitan, futsal, SD Negeri Percobaan
Abstract
This study aims to find out how much the difficulty of futsal learning is the fifth grade students
of SD Negeri Experimental Depok Sleman academic year 201-2019. This type of research is a
descriptive study. The method used is a survey with data collection techniques using questionnaires.
The population in this study were fifth grade students of SD Negeri Experimental Depok Sleman 2018-
2019 academic year totaling 72 students, with sampling techniques using total sampling. Data
analysis used descriptive analysis as outlined in percentage form. The results showed that: (1)
Difficulties in futsal learning in fifth grade students of SD Negeri Experiment Depok Sleman 2018-
2019 school year based on internal factors were in the "very low" category of 9.72% (7 students),
"low" by 13 , 89% (10 students), "moderate" at 43.06% (31 students), "high" at 29.17% (21 students),
and "very high" at 4.17% (3 students). (2) Difficulties in futsal learning in the fifth grade students of
SD Negeri Experiment Depok Sleman 2018-2019 school year based on external factors are in the
"very low" category of 8.33% (6 students), "low" of 22.22% (16 students), "moderate" at 34.72% (25
students), "high" by 31.94% (23 students), and "very high" at 2.78% (2 students).
Keywords: difficulty factors, futsal, SD Negeri Percobaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.