FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN PENJAS AKTIVITAS LUAR KELAS DI SD NEGERI BHAKTIKARYA DEPOK SLEMAN THE FACTORS THAT INFLUENCE THE SUCCESSFULNESS IN THE IMPLEMENTATION OF LEARNING PHYSICAL EDUCATION ACTIVITIES OUTSIDE THE CLASSROOMS AT STATE ELEMENTARY SCHOOL OF BHAKTI KARYA DEPOK SLEMAN

Niken Okviriyani, Amat Komari

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi keberhasilan penerapan pembelajaran penjas aktivitas luar kelas di SD
Negeri Bhaktikarya Depok.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode
kuantitatif diskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah Siswa kelas
4, 5 dan 6 SD Negeri Bhaktikarya Depok Sleman sebanyak 67 siswa.  Ukuran sampel
penelitian ini sebanyak 67 siswa ditentukan dengan mengambil seluruh subjek
responden/total sampling. Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan
dengan analisis statistic deskriptif dengan presentase.
Hasil penelitian tersebut diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi
keberhasilan penerapan pembelajaran penjas aktivitas luar kelas di SD Negeri
Bhaktikarya Depok Sleman yang termasuk dalam kategori sangat tinggi 45%, yang
mempunyai faktor tinggi sebesar 0%, yang mempunyai faktor sedangs ebesar 15%,
mempunyai faktor rendah dengan persentase 5%, dan yang mempunyai faktor rendah
sebesar 35%.

Kata Kunci: Keberhasilan, pembelajaran, aktivitas luar kelas

Abstract
 The purpose of this study is to determine the factors that influence the
successfulness in the implementation of learning physical education activities outside
the classrooms at state elementary school of Bhaktikarya Depok Sleman.
 The research type used is a quantitative descriptive research with descriptive
quantitative method and survey method. The population of this study are 67 students
in grades 4, 5 and 6 at state elementary school of Bhakti Karya, Depok, Sleman. The
sample size of this study are 67 students which are determined by taking all respondents
subjects /total sampling. The data collecting used is questionnaire. The data analysis is
performed with descriptive statistic analysis and its percentages.
 The results of the study are known the factors that influence the successfulness
in the implementation of learning physical education activities outside the classrooms

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.