PERSEPSI SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGSARI TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PERCEPTION OF FIFTH GRADE STUDENTS IN SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGSARI ON PHYSICAL EDUCATION LEARNING

Choirul Damai Setiani, Sridadi Sridadi

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas V di SD Negeri Karangsari 1
terhadap pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif yang
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam
penelitian ini berjumlah 24 siswa kelas V di SD Negeri 1 Karangsari. Instrumen penelitian ini
menggunakan instrumen 30 butir pernyataan yang disusun oleh peneliti yang telah divalidasi oleh ahli.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil
penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa kelas V di SD Negeri 1 Karangsari terhadap pembelajaran
penjas pada kategori sangat baik dengan persentase 4,2% atau 1 siswa, kategori baik dengan persentase
12,5% atau 3 siswa, kategori cukup sebesar 58,3% atau 14 siswa, kategori kurang dengan persentase 25%
atau 6 siswa, kategori sangat kurang dengan persentase 0% atau 0 siswa. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa persepsi siswa kelas V di SD Negeri 1 Karangsari terhadap pembelajaran pendidikan
jasmani berada pada kategori Cukup.

Kata kunci: Persepsi siswa, pembelajaran, pendidikan jasmani
 
ABSTRACT
The research intends to determine the perception of fifth grade students in SD Negeri 1 (State
Elementary School) Karangsari on physical education learning. This research was descriptive research
that used quantitative approach with data collection technique by using questionnaire. Subjects in this
research were 24 fifth grade students at SD Negeri 1 Karangsari. The research instrument employed 30
items of statement instruments compiled by the researcher that had been validated by experts. Data
analysis technique applied was by descriptive analysis which was presented in the form of percentage. The
research results indicate that the perception of fifth grade students in SD Negeri 1 Karangsari on the
physical education learning is; in the very good category with percentage 4.2% or 1 student, good category
with percentage 12.5% or 3 students, the medium category with percentage 58.3% or 14 students, the less
category with percentage 25% or 6 students, the very less category with percentage of 0% or 0 student.
Thus, it can be concluded that the perception of fifth grade students in SD Negeri 1 Karangsari on physical
education learning is in the medium category.

Keywords: Student perception, learning, physical education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.