GAYA MENGAJAR GURU PJOK MENURUT MOSTON DENGAN GAYA KOMANDO DAN INKLUSI PADA KELAS ATAS SDN GUGUS IV KECAMATAN WATES KULON PROGO

Muhammad Tri Santoso, Subagyo Subagyo

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan gaya mengajar komando
dan inklusi dalam pembelajaran pendidikan jasmani bagi guru PJOK di SDN segugus IV kelas atas
Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo.
 Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi kualitatif dengan menggunakan metode
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini populasinya adalah 4 guru penjas dari 4
SD Negeri Segugus IV di Kecamatan Wates Kulon Progo. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
wawancara (interview) ada 11 pertanyaan mewakili 2 indikator gaya muska moston komando dan
inklusi, observasi lapangan dengan 13 butir penilaian dan dokumentasi berupa Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang digunakan guru dalam proses pembelajaran oleh guru PJOK SD Negeri kelas
atas Se-gugus IV Kecamatan Wates Kulon Progo yang melalui proses validasi yang telah dilakukan
oleh ahli.  
 Hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa guru PJOK yang ada di SD
Negeri 4, SD Negeri 5, SD Negeri Kasatrian dan SD Negeri Terbahsari telah menggunakan gaya
mengajar komando dan gaya mengajar inklusi menurut muska mosston meskipun ada yang belum
mengetahui bahwa gaya mengajar yang digunakan adalah salah satu atau beberapa dari gaya mengajar.
Kata kunci: Gaya mengajar, siswa, guru dan sekolah.
TEACHING STUDENTS TEACHER ACCORDING TO MOSTON WITH COMMISSION AND
INCLUSION IN CLASS ON SDN GUGUS IV SUB DISTRICT WATES KULON PROGO
Abstract
The purpose of this research is to know the process of applying the teaching style of command and
inclusion in learning physical education for teachers PJOK in SDN segugus IV upper class Wates District Kulon
Progo District.
This research method uses qualitative description research by using method of interview, observation,
and documentation. In this study the population is 4 teachers from 4 Segugus State Elementary School in District
Wates Kulon Progo. Research instrument used in the form of interviews (interviews) there are 11 questions
representing 2 indicators of style of most commandos and inclusion, field observation with 13 points of
assessment and documentation in the form of Learning Implementation Plan (RPP) used by teachers in the
learning process by teachers PJOK SD Negeri upper As-cluster IV Wates Kulon Progo Subdistrict through the
validation process that has been done by the expert.
The result of the research has been done, it can be concluded that the PJOK teachers in SD Negeri 4, SD
Negeri 5, SD Negeri Kasatrian and SD Negeri Terbahsari have used the command teaching style and inclusive
teaching style according to muska mosston although some do not know that teaching style used is one or several
of the teaching styles.
Keywords: Teaching style, students, teachers and schools.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.