Tingkat Pengetahuan Mahasiswa PGSD Penjas Tentang Pendekatan Taktik

Siti Meissyaroh, Soni Nopembri

Abstract


Abstrak
 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pengetahuan mahasiswa
PGSD Penjas tentang pendekatan taktik.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif
menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan
2014 dan 2015 sebanyak enam kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 240. Sampel
penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yakni sebanyak
empat kelas dari populasi sebanyak 132 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan tes
pengetahuan tentang pendekatan taktik yang di dalamnya terdapat enam faktor, yakni
mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dengan
reliabilitas 0,696. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat pengetahuannya berada pada
kategori cukup. Secara rinci terdapat 11 mahasiswa (8,33%) berada pada kategori kurang
sekali, 43 mahasiswa (22,73%) berada pada kategori kurang, 41 mahasiswa (31,1%) berada
pada kategori cukup, 43 mahasiswa (32,58%) berada pada kategori baik, dan 7 mahasiswa
(5,30%) berada pada kategori sangat baik.

Kata kunci: Pengetahuan, Mahasiswa PGSD Penjas, Pendekatan Taktik
A Level of Elementary Physical Education Teacher Education Students Knowledge
About Tactical Approach

Abstract

The purpose of this research is to describe a level of Elementary Physical Education
Teacher Education student knowledge about tactical approach.
This research is a descriptive research with quantitatif approach and using survey
method. The research population is all of 2014 and 2015 students in 6 classes and the total is
240 college students. The research sample taken by using cluster random sampling technique
that is as much as four classes from the population is 132 college students. The data
interpretation used knowledge test about tactical approach that contain six factors, they are
remembering, understanding, applying, analyzing, evaluating, and creating using 0,696
reliability. The data analysis technique used descriptive quantitatif analysis.  
The result of this research shown the average of knowledge level in a sufficient
category. In a detail there are 11 college students (8,33%) in a too less category, 43 students
(22,73%) in a less category,  41 students (31,1%) in an enough category, 43 students
(32,58%) in a good category, and 7 students (5,30%) in a brilliant category.  
Keywords : Knowledge, Elementary Physical Education Teacher Education Students,
Tactical Approach

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.