IMPLEMENTASI PROGRAM PENUMBUHAN BUDI PEKERTI (PBP) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SEKOLAH DASAR SE- KECAMATAN KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2017/2018

Bita Widyaningsih, Ahmad Rithaudin

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa tinggi implementasi program Penumbuhan Budi Pekerti
yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Sekecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey, sedangkan
teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan validitas 0,7293 dan reliabilitas 0,982. Subyek penelitian ini
adalah Guru PJOK Sekolah Dasar di Kecamatan Karangpandan yang berjumlah 21 guru dilakukan pada bulan
Maret - April 2018 di 27 Sekolah Dasar di Kecamatan Karangpandan. Teknik analisis yang digunakan adalah
statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program penumbuhan budi pekerti di Sekolah Dasar se-
Kecamatan Karangpandan berada pada kategori “Tinggi” dengan persentase sebesar 38%. Faktor dari Program
penumbuhan budi pekerti menunjukkan persentase sebesar 47,6% dengan kategori “Tinggi” dan faktor dari
pendidikan karakter menunjukkan persentase sebesar 47,6% dengan kategori “Tinggi”.
Kata Kunci: Program Penumbuhan Budi Pekerti, Pendidikan karakter, Pendidikan jasmani.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.