PERSEPSI GURU PENJAS TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BAMBANGIPURO BANTUL

Hudha Prakoso, Saryono Saryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru Penjasorkes terhadap penggunaan
media pembelajaran di SD se- Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan
data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Penjasorkes di SD se-
Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul yang berjumlah 22 guru dari 18 sekolah dan
digunakan sebagai sampel, sehingga disebut penelitian populasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa persepsi guru pendidikan jasmani terhadap penggunaan media pembelajaran di
SD se- Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul berada pada kategori “sangat kurang positif”
sebesar 13,64% (3 guru), “kurang positif” sebesar 4,55% (1 guru), “cukup positif” sebesar 59,09%
(13 guru), “positif” sebesar 13,64% (3 guru), dan “sangat positif” sebesar 9,09% (2 guru).

Kata kunci: persepsi guru, media pembelajaran, SD Kecamatan Bambanglipuro


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.