TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TENTANG KONSEP MENCETAK GOL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SD N BENDUNGAN 1, KARANGMOJO, GUNUNGKIDUL

Eka Rahayu Wardayanti, Saryono .

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pengetahuan siswa tentang konsep mencetak gol secara teori
masih kurang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa tentang konsep mencetak gol pada
kegiatan ektrakurikuler sepakbola di SD N Bendungan 1, Karangmojo, Gunungkidul. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan tes
pengetahuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di Sekolah Dasar
Negeri Bendungan 1 Gunungkidul yang berjumlah 23 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat
pengetahuan siswa tentang konsep mencetak gol pada kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SD N Bendungan 1
berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 8,70% (2 siswa), “rendah” sebesar 17,39% (4 siswa), “sedang” sebesar
39,13% (9 siswa), “tinggi” sebesar 30,43% (7 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 4,35% (1 siswa).

Kata kunci: tingkat pengetahuan, permainan sepakbola, konsep mencetak gol

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.