PERSEPSI MAHASISWA PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) PRODI PGSD PENJAS TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENJAS DI SEKOLAH DASAR SE-KABUPATEN KULONPROGO TAHUN AJARAN 2017/2018

Muchamad - Bayudi

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa PLT prodi PGSD Penjas terhadap proses
pembelajaran penjas di Sekolah Dasar se-Kabupaten Kulonprogo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode survei.
Instrumen penelitian ini berupa angket tertutup. Instrumen yang digunakan mempunyai validitas sebesar 0,260 –
0,719 dan reliabilitas 0,914 dengan taraf signifikan 0,05. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Penjas
yang melaksanakan PLT di Sekolah Dasar se-Kabupaten Kulonprogo tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 68
mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan
teknik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa PLT prodi
PGSD Penjas terhadap proses pembelajaran penjas di Sekolah Dasar tahun ajaran 2017/2018 sebagian besar
masuk dalam kategori baik. Secara rinci menunjukkan bahwa 61,76% kategori baik, 38,24% kategori cukup
baik, 0% kategori kurang baik, dan 0% kategori tidak baik.
Kata Kunci: Persepsi, PLT, PGSD Penjas, Proses pembelajaran, Penjas.
 
Abstract
The research is to find out the perceptions of studentsPGSD Physical Education on teaching-learning process in
elementary school of kulonprogo regency academic year 2017/2018. This research uses descriptive quantitative
design. The method of this research is survey method which uses a closed questionnaire for the instrument of
this research. The instrument of research has validity of 0,260 0,719 and reliability 0,914 with significant level
0,05. The population of research are 68 students of PGSD Physical Education in Elementary School of
Kulonprogo Regency for the academic year 2017/2018. This research uses total sampling technique. The
technique of research data analysis use descriptive technique with percentage. The perception of student PGSD
Physical Education on the teaching-learning process in Elementary School academic year 2017/2018 mostly in
good category. The details describes that 61.76% are in good category, 38.24% are in good enough category.
Keywords: Perception, Internship Program, PGSD, Teaching-Learning Process, Physical Education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.