TINGKAT NILAI SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS DALAM PEMBELAJARAN PENJAS MATERI PERMAINAN BOLA BESAR DI SD NEGERI KARANGJATI MINOMARTANI NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Tri Via Agustin

Abstract


Abstrak  
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik tingkat nilai sosial pada siswa
Sekolah Dasar kelas atas dalam pembelajaran penjas materi permainan bola besar di SD Negeri
Karangjati Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.
Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar kelas atas di SD Negeri Karangjati
Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta yang berjumlah 81 siswa dan digunakan sebagai sampel,
sehingga disebut penelitian populasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif
yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat nilai sosial
pada siswa Sekolah Dasar kelas atas dalam pembelajaran penjas materi permainan bola besar di SD
Negeri Karangjati Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta berada pada kategori “sangat rendah”
sebesar 7,41% (6 siswa), “rendah” sebesar 23,46% (19 siswa), “sedang” sebesar 39,51% (32 siswa),
“tinggi” sebesar 23,46% (19 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 6,17% (5 siswa).

Kata kunci: nilai sosial, siswa Sekolah Dasar kelas atas, pembelajaran penjas materi permainan bola
besar
.

Abstract
 This study aims to find out about how well the level of social value in upper-grade elementary
school students in learning big ball game material at State Elementary School of Karangjati
Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta. This research is a descriptive research. The method used is
survey by using questionnaire technique. Population in this research is upper-grade student of State
Elementary School of Karangjati Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta which amounts to 81
students and is used as sample, in which, this research is called as population research. This research
uses quantitative descriptive analysis in the form of percentage as the data analysis technique. The
result of this research showed that the level of social value in upper-grade students in learning big
ball game material at State Elementary School of Karangjati Minomartani Ngaglik Sleman
Yogyakarta was in the "very low" category by 7.41% (6 students), "low" by 23.46% (19 students),
"medium" by 39.51% (32 students), "high" by 23.46% (19 students), and "very high" by 6.17% (5
students).

Keywords: social value, upper-grade elementary school students, big ball game material of physical
education subject

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.