MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN DISIPLIN MELALUI KEGIATAN RUTIN PADA KELOMPOK A2 DI TK KKLKMD SIDOMAJU BAMBANGLIPURO BANTUL

Ingrid Maharani Basuki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan disiplin anak kelompok A2 di TK KKLKMD Sidomaju melalui kegiatan rutin. Kegiatan rutin dilakukan dengan melatih pembiasaan, pemberian motivasi, serta pemberian hadiah (reward) dan hukuman (punishment) secara konsisten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas yang dilakukan dalam dua Siklus. Setiap Siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil Penelitian adalah kemandirian seluruh anak sebelum tindakan berada pada kriteria sedang, di Siklus I terdapat 69,23% anak pada kriteria tinggi, dan Siklus II meningkat menjadi 84,62% anak yang mencapai kriteria sangat tinggi. Sedangkan disiplin anak sebelum tindakan 92,31% anak pada kriteria sedang, pada Siklus I terdapat 38,46% anak pada kriteria tinggi, dan Siklus II meningkat menjadi 92,31% anak pada kriteria sangat tinggi. Dengan demikian kegiatan rutin dapat meningkatkan kemandirian dan disiplin anak.

 

Kata kunci: kemandirian, disiplin, kegiatan rutin


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.