PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA MELALUI KEGIATAN MERONCE MENGGUNAKAN BAHAN ALAM DI KELOMPOK A TK ABA DEKSO

Ayunda Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola melalui kegiatan meronce menggunakan bahan alam di Kelompok A TK ABA Dekso. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data adalah observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan indikator memperkirakan urutan berikutnya pola (AB-AB) berdasarkan: a) kriteria warna Pra Siklus adalah 44,56%, Siklus I 86,95%, dan Siklus II 95,45%, b) kriteria bentuk Pra Siklus adalah 46%, Siklus I 89,77%, dan Siklus II 98,5%, c) kriteria ukuran Pra Siklus adalah 41%, Siklus I 75%, dan Siklus II 91,67%. Pada indikator memperkirakan urutan berikutnya pola (ABC-ABC) berdasarkan: a) kriteria warna Pra Siklus adalah 39,13%, Siklus I 59,09%, dan Siklus II 89,13%, b) kriteria bentuk Pra Siklus adalah 41,30%, Siklus I 62,5%, dan Siklus II 90,27%, c) kriteria ukuran Pra Siklus adalah 36,45%, Siklus I 55,43%, dan Siklus II 88,15%.

 

Kata kunci: mengenal pola, meronce bahan alam, anak kelompok A


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.