PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI KARTU KATA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B RAUDHATUL ATHFAL

Febrian Wahyu Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan kartu kata bergambar pada anak Kelompok B RA Guppi Legundi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan pada anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian berjumlah 15 anak, diantaranya 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan menggunakan kartu kata bergambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis dekriptif  kulitatif-kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila anak yang berkategori Berkembang Sangat Baik (BSB) minimal sebanyak 76%. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan dapat ditingkatkan melalui penggunaan kartu kata bergambar. Hal ini dibuktikan dengan kondisi awal saat Pra Tindakan kemampuan membaca  permulaan anak pada kategori Berkembang Sangat Baik sebanyak 6,67% meningkat pada Siklus I menjadi sebanyak 40,00%, kemudian dilanjutkan lagi pada Siklus II menjadi 100,00%.

 

Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, kartu kata bergambar

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.