PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL KELOMPOK TK DI LABSCHOOL RUMAH CITTA YOGYAKARTA

Elvika Fianasari

Abstract



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran multikultural kelompok TK di
Labschool Rumah Citta. Subyek penelitian terdiri dari 6 guru, 27 anak, dan 1 kepala sekolah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan menggunakan
pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian meliputi: (1) kurikulum yang digunakan adalah kurikulum yang dibuat sendiri dan
memiliki kekhasan. Perencanaan pembelajaran disusun dengan memperhatikan perkembangan, latar belakang anak,
dan melibatkan anak. (2) Kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik usia anak TK yaitu memberikan
stimulai kelima aspek perkembangan anak dan kegiatan terdiri dari (a) kegiatan pra pembelajaran dilakukan dengan
kegiatan transisi dan apersepsi di circle awal. (b) kegiatan inti mengenalkan identitas budaya, ras dan keberagaman
yang ada di sekitar dengan pembelajaran yang konkret. (c) kegiatan penutup dilakukan di circle akhir yaitu
melakukan review, refleksi, mengevaluasi, dan informasi kegiatan berikutnya. (3) faktor bawaan anak diantaranya
agama, bahasa, suku, budaya, kebutuhan, kemampuan, dan usia. (4) bawaan guru diantaranya latar belakang
pendidikan, budaya, suku, agama, dan pengalaman hidup. (5) pedagogi yaitu strategi pembelajaran dan metode. (6)
faktor pendukungnya adalah adanya keberagaman yang ada disekitar. Faktor penghambatnya adalah guru dan
kurikulum secara umum belum memuat multikultural dalam kebijakan kurikulum nasional.
Kata kunci: pembelajaran multikultural, multikultural
This research aimed to describe impelementation multicultural of kindergarten in the Labschool Rumah Citta
Yogyakarta. The subjects of the study consisted of 6 teachers, 27 children, and 1 principal. This research used a
qualitative approach with descriptive research. Methods of data collection using observation, interviews, and
documentation. The instrument of this study is the researchers themselves and to use guidelines for observation,
interviews, and documentation. Data were analyzed using qualitative descriptive analysis technique. Results of the
research include: (1) curriculum used is created its own curriculum and its uniqueness. Learning plan drawn up
with regard to the development, the background of children, and involving children. (2) Learning activities in
accordance with the characteristics of kindergarten age children that provide stimulation fifth aspects of child
development and the activities consist of (a) pre- learning activities performed by the transition activities and
apersepsi in early circle. (b) core activities introducing cultural identity, race, and diversity that exists around the
concrete learning. (c) activities cover performed at the end of the circle is conducting a review, reflect, evaluate,
and update the next activity. (3) child congenital factors including religion, language, ethnicity, culture, needs,
abilities, and age. (4) congenital teachers including educational background, culture, ethnicity, religion, and life
experiences. (5) pedagogy of learning strategies and methods (6) supporting factor is the diversity that exist
around. Inhibiting factor are teacher and general curriculum multicultural policies have not loaded the national
curriculum.
keywords: multicultural learning, multicultural


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.